Tugas Negara Jilid I (Kunjungan ke @america)



I.      Pendahuluan
Atamerica atau juga lazim ditulis @america adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat yang terletak di lantai 3 Pacific Place, SCBD, Jakarta. @america resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran.
Pusat kebudayaan ini adalah yang pertama kali di dunia yang dibangun dengan teknologi canggih. Pengunjung bisa mengakses informasi melalui layar sentuh berukuran lebar, penggunaan ipad dan jaringan wifi secara cuma-cuma, panggung pertunjukan dengan layar presentasi, layar live tweeting, dan mesin Google Earth ukuran raksasa yang disebut Liquid Galaxy yang memungkinkan pengunjung mengeksplorasi seisi bumi, antariksa, hingga kedalaman laut.
Walaupun merupakan pusat kebudayaan dari negara lain dan merupakan bagian dari program Kedutaan Besar Amerika Serikat, @america memberi kesempatan berbagai komunitas dan pembicara dari Indonesia untuk ikut tampil setiap harinya. Selain juga tentunya pertunjukan dan pembicara dari tokoh dan komunitas di Amerika Serikat, @america juga memberi informasi mengenai kehidupan para muslim di Amerika Serikat yang hidup dalam damai dan kerukunan, selain juga berbagai tokoh yang mewarnai perjalanan sejarah Amerika Serikat.
@america juga menerima kunjungan dari berbagai sekolah, madrasah, dan institusi pendidikan lainnya. Termasuk yang diberi kesempatan untuk berkunjung adalah SMA Waskito pada Selasa, 02 Februari 2016.








 
II.    Kunjungan SMA Waskito ke @America

Rencana kunjungan ke @America merupakan rencana yang sudah diprogramkan sesuai Rapat Kerja Guru Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengajuan kunjungan sudah dilayangkan panitia ke bagian Kunjungan Sekolah @America sejak bulan September 2016. Namun dikarenakan di @America sudah banyak juga sekolah yang ingin berencana berkunjung ke sana, maka pengajuan dari SMA Waskito baru hanya masuk daftar tunggu (waiting list). Komunikasi terus dilakukan agara rencana tersebut bisa terealisasi.
Alhamdulillah akhirnya pihak @America memberikan konfirmasinya pada Selasa, 26 Januari 2016, bahwa SMA Waskito diberi kesempatan untuk berkunjung. Jadwal yang diberikan adalah Selasa, 02 Februari 2016.
Hari yang ditunggu akhirnya tiba, di Selasa pagi, 02 Februari 2016, pihak @America telah menyediakan Bus jemputan untuk rombongan SMA Waskito

*      Waktu Pelaksanaan          : Selasa, 02 Februari 2016
*      Tempat Tujuan                   : @America, lantai 3 Pacific Place, SCBD, Jakarta
*      Peserta                                  : Siswa kelas XII (IPA, IPS 1, IPS 2) yang berjumlah 111 siswa

Rombongan SMA Waskito berangkat dari halaman sekolah Pukul 10.30 WIB setelah panitia memastikan proses pendataan ulang terhadap peserta dipastikan tuntas. Setibanya di sana pukul 12.30 WIB, dikarenakan memang tempatnya berada di pusat perbelanjaan kawasan bisnis Pusat Jakarta, keanaman untuk masuk ke sana dilakukan beberapa tahap pemeriksaan. Mulai dari pintu depan, loby utama dengan menggunakan metal detector. Setelah melewati proses pemeriksanaan keamanan tersebut, rombongan SMA Waskito langsung menuju ke lantai 3 Pacific Place. Waktu kunjungan SMA Waskito adalah Pukul 13.30 WIB. Maka siswa SMA Waskito yang muslim melaksanakan Shalat Dzuhur terlebih dahulu di Mushollah yang berada di Bassment gedung Pacific Place.
Pada pukul 13.15 WIB sebagian siswa SMA Waskito sudah dipersilahkan masuk ruangan @America. Lagi-lagi demi keamanan kami melewati beberapa pemeriksaan dengan alat keamanan yang ketat. Siswa masuk dengan per kelompok. Satu kelompok keberangkatan terdiri dari 10 siswa. Setelah dapat instruksi dari pihak @America, kelompok selanjutnya diperbolehkan masuk, sampai semuanya masuk ke dalam ruangan tersebut.
Untuk memasuki @America pengunjung tidak diperkenankan membawa tas, semua hal yang tidak diperkenankan dibawa disimpan di Bus, termasuk tas siswa. Setelah masuk @America, pemerikasaan dilakukan kembali. Semua barang bawaan diperiksa, isi kantong; kunci, HP, uang koin dan lainnya harus dikeluarkan diletakkan ditempat pemeriksaan. Akhirnya kita pun bisa masuk ruangan acara yang di dalamnya telah terpampang tulisan “Welcome SMA Waskito













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal PTS Genap Civic Kelas XI

LATIHAN SOAL PAS CIVIC XII

LATIHAN SOAL PAS CIVIC KELAS XI