SMA Waskito berkunjung ke DPR

PAMULANG – Sistem belajar dan pengajaran dewasa ini dituntut jauh lebih dinamis. Siswa tidak melulu dijejali materi di ruang kelas. Dinamika pembelajaran itu bisa dengan mengunjungi tempat bermanfaat guna menambah wawasan siswa itu sendiri. Misalnya mengunjungi gedung DPR RI, seperti dilakukan SMA Waskito, Pamulang, Kota Tangsel baru-baru ini.
Kunjungan ke gedung wakil rakyat tersebut merupakan kegiatan “Outing Class” atau belajar ke luar. Dan masih terkait dengan salah satu mata pelajaran di sekolah, yakni Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Program seperti itu rutin dilakukan setiap tahunya oleh sekolah Waskito.
“Kunjungan SMA Waskito ke gedung rakyat (DPR RI, red) tujuanya agar siswa bisa mencari infromasi tentang segala hal berkaitan dengan DPR. Baik itu sejarah, tugas, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban para anggota DPR. Kegiatan ini diperuntukan khusus siswa kelas X SMA Waskito,” ungkap ketua panitia kegiatan, Dedi Sutendi kepada Tangsel Pos, kemarin.
Lanjut Dedi, dengan kunjungan langsung ke gedung DPR, siswa jadi lebih mengetahui dan mengenal lembaga negara, mengetahui informasinya langsung dari anggota DPR. Kami berharap mereka dapat memahami fungsi, tugas dan wewenang DPR lebih lengkap. Tujuan lain kunjungan ini agar tidak membuat siswa bosan karena harus belajar di dalam kelas terus,” tegasnya.
Kata Dedi, saat kunjungan berlangsung, rombongan SMA Waskito diterima bagian humas Sekjen DPR. Sesampainya di sana siswa diberi kesempatan berkeliling ke museum DPR di lantai dua. Di sana, siswa mendengarkan paparan dari humas Sekjen DPR berkaitan dengan sejarah, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPR serta hal lainnya.
“Setelah mendapatkan informasi menyeluruh berkaitan dengan DPR, kemudian sesi dilanjutkan dengan tukar cinderamata antara pihak SMA Waskito dengan Humas Sekjen DPR,” akunya.
Selain kunjungan ke gedung DPR, rombongan SMA Waskito juga berkunjung ke gendung LIPI yang berada di Jl. Gatot Subroto. Di LIPI siswa mendapatkan pembelajaran tentang ekonomi, khususnya perkembangan ekonomi di Indonesia. Sebelumnya juga, siswa SMA Waskito juga ke pusat kebudayaan Amerika Serikat (@america) di Pacific Place kawasan SCBD Jakarta.
Tidak hanya ke tempat-tempat itu, SMA Waskito juga melakukan kunjungan kampus “Goes to Campus” dilanjutkan dengan “Live In”. Kegiatan ini diperuntukan khusus siswa kelas XI. Khusus Live In, sangat dinanti seluruh siswa karena mereka bisa menginap di rumah warga yang dikunjungi. Pilihan tahun ini adalah Kampung Naga, Tasikmalaya.(lan)
 http://tangselpos.co.id/2016/03/22/sma-waskito-kenalkan-fungsi-dan-wewenang-dpr-siswa/
https://www.youtube.com/watch?v=Z4fOn3UaP3U

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal PTS Genap Civic Kelas XI

LATIHAN SOAL PAS CIVIC XII

LATIHAN SOAL PAS CIVIC KELAS XI